Kiat Efisien Manajemen Persediaan Bagi Travel Umrah - Bagi perusahaan manufaktur, manajemen persediaan merupakan hal yang penting dan akrab untuk dikontrol setiap hari. Mengelola stok barang yang sudah selesai diproduksi, menjadi tugas utama dan pastinya perusahaan menyediakan staff khusus untuk menanganinya.
Berbeda dengan manajemen persediaan untuk perusahaan travel umrah. Bisnis travel umrah biasanya berfokus pada produk utama yang dipasarkan yakni paket umrah. Hal utama yang dijual adalah jasa pelayanan umrah selama di Mekkah.
Sementara itu, persediaan barang kelengkapan umrah menjadi hal nomor kesekian untuk diurus. Hal ini tidak seutuhnya benar, karena persediaan barang keperluan umrah yang akan diberikan kepada calon jamaah ialah komponen penting yang harus dipenuhi.
Baca Juga : Mengenal Seluk Beluk Inventory Pada Perusahan Travel Umroh
Jangan Sampai Kehabisan Stock!
Barang keperluan umrah untuk jamaah antara lain koper, tas, kain ihram, mukena, seragam umrah, id card, buku panduan, dan lainnya merupakan barang-barang yang harus didapatkan jamaah sebelum melakukan pemberangkatan umrah. Bahkan, barang tersebut umumnya sudah diberikan ketika jamaah melunasi pembayaran umrah.
Jika ada salah satu barang yang stoknya habis, hal tersebut bisa menyebabkan masalah dalam manajemen bisnis travel umrah. Anda tidak bisa memberikan pelayanan terbaik, karena ada kekurangan pemberian barang kelengkapan umrah bagi jamaah Anda.
Pastinya, kehabisan persediaan barang seperti ini sering terjadi. Namun, bila terjadi secara berkelanjutan maka lama-kelamaan kepercayaan jamaah akan menurun, karena merasa tidak dilayani dengan baik.
Akibatnya, jamaah harus membeli sendiri kelengkapan umrah tersebut, sedangkan jamaah lain sudah mendapatkannya. Jamaah akan merasa tidak diprioritaskan.
Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Umroh
Pantau Persediaan Anda
Masalah lainnya yang dapat muncul saat Anda mengabaikan pengelolaan persediaan ialah Anda akan kesulitan mengecek jumlah barang yang ada, tidak dapat mengontrol barang yang hilang, mana yang perlu direstock mana yang tidak, dan hal lainnya.
Semisal, Anda masih punya persediaan kain ihram yang cukup, ternyata buku panduan Anda hampir habis. Anda justru memesan kain ihram yang cukup banyak, sementara buku panduan yang memerlukan waktu untuk proses produksi/cetaknya malah tidak Anda pesan.
Jadi, Anda seharusnya mengetahui jumlah persediaan yang ada melalui pencatatan yang baik. Selain itu, Anda juga harus mengetahui secara real jumlah barang yang ada secara tepat. Kuncinya ada pada pencatatan yang rapi dan sistem yang mampu mengakomodir hal itu.
Baca Juga : 5 Pertimbangan Memilih Software Travel Umroh
Langkah Praktis Manajemen Persediaan Bagi Travel Umroh
Bila Anda ingin mengelola persediaan yang lebih rapi dan tersistem untuk travel umrah Anda, cara pertama adalah dengan menggunakan sistem aplikasi khusus travel umrah yang lengkap dan terintegrasi.
Gunakan Sistem Aplikasi dengan Fitur Manajemen Persediaan/Inventory
Anda sekarang tidak perlu repot mencatat persediaan secara manual di buku atau Microsoft Excel, karena sekarang ini sudah ada aplikasi pencatatan yang canggih pada software khusus travel umroh seperti Erahajj.
Sistem aplikasi travel umrah yang baik tentu memiliki fitur manajemen persediaan (manajemen inventory) yang akan memudahkan Anda menginput data stock Anda, kemudian menampilkan jumlah stock realtime karena aktivitas transaksi Anda akan diintegrasikan dengan pencatatan persediaan.
Jadi, begitu ada barang persediaan keluar dari gudang, Anda bisa tahu jumlah stock sisanya. Hal ini tentu menghemat waktu Anda daripada harus dicatat di excel dan baru diaudit akhir bulan misalnya. Sangat praktis dan tidak memakan waktu.
Order Sesuai Kebutuhan
Anda dapat menyesuaikan pemesanan barang yang harus restock atau membutuhkan stok ulang dengan melihat data yang ada. Anda tidak perlu memesan barang yang masih banyak stoknya, dan bisa langsung restock barang yang hampir habis persediaannya.
Dengan demikian, Anda sudah mengurangi penumpukan persediaan di gudang akibat salah memesan barang yang sebetulnya stoknya masih banyak. Selain itu, gudang Anda akan lebih lega tanpa adanya tumpukan stok barang yang tidak perlu.
Cashflow Menjadi Lebih Lancar
Jika Anda bisa mengelola persediaan dengan benar, maka cashflow perusahaan Anda bisa lebih lancar. Tidak ada dana tunai yang terpakai untuk memesan barang dan berakhir pada tumpukan stok barang yang tidak dibutuhkan.
Hal ini berakibat pada kesehatan perusahaan Anda, sebab lancarnya cashflow ibarat aliran darah segar pada tubuh perusahaan Anda. Sedangkan penumpukan stok adalah "penyakit" yang dapat memperlambat aliran darah di bisnis travel Anda.
Baca Juga : Tips Cerdas Kelola Cash Flow Usaha Travel Umroh
Nah, itulah beberapa kiat untuk mengelola persediaan bagi travel umrah. Memang tidak terlalu vital ya, tapi tetap harus dikelola dengan baik agar perusahaan Anda bisa menghasilkan profit cash, bukan profit yang larinya ke stok barang pendukung kebutuhan umrah.
Jika Anda ingin mencoba sistem aplikasi travel umrah yang bisa Anda gunakan untuk manajemen persediaan, hubungi Erahajj sekarang juga. Kami akan membantu Anda mengelola perusahaan travel umrah lebih efisien, hemat biaya, dan lebih profesional.