Cara Mengumpulkan Database Menggunakan Lead Magnet - Untuk mengembangkan bisnis, banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan pelanggan. Mulai dari cara berbayar (iklan), hingga cara gratisan atau biaya minimal dengan menggunakan content marketing.
Cara yang lebih hemat dari beriklan adalah beriklan pada database calon pelanggan Anda. Anda bisa memberikan informasi produk kepada database calon pelanggan maupun pelanggan setia Anda melalui email marketing.
Kumpulkan Database Pelanggan Anda
Jalan agar Anda bisa mendapatkan database pelanggan, dalam hal ini adalah nama dan alamat email, yakni Anda bisa menggunakan website bisnis yang Anda kelola.
Cara yang paling umum adalah dengan menempatkan formulir Opt In di website Anda. Namun, formulir yang diletakkan begitu saja di web memiliki konversi yang rendah sekali. Hanya 1% dari pengunjung web yang mau mengisi model formulir seperti ini.
Jadi, dari 1000 orang yang mengunjungi website Anda, hanya 10 orang yang mau mengisinya. Berbeda lagi jika Anda menggunakan popup, namun masih tetap tanpa lead magnet.
Tingkat konversinya meningkat menjadi sekitar 4%. Anda bisa memanfaatkan Opt In model ini untuk menggaet cold market yang hanya ingin tahu tentang suatu hal tentang bisnis Anda melalui website Anda.
Contohnya, Anda menawarkan info harga dan jadwal keberangkatan melalui form Opt In website bisnis travel umroh Anda. Jadi, mereka hanya butuh informasi itu saja, namun mereka mau mendaftarkan alamat email mereka di website Anda.
Ada satu lagi cara yang lebih powerful untuk Anda praktekkan, yakni mengumpulkan database sesuai dengan target market Anda dengan menggunakan lead magnet.
Apa itu Lead Magnet? Lalu, bagaimana cara membuatnya untuk mengumpulkan database pelanggan? Simak jawaban lengkapnya di bawah ini.
Baca juga : Pentingnya Mengelola Database Jamaah untuk Kelangsungan Bisnis Biro Umroh
Memahami Lead Magnet
Lead Magnet ialah metode untuk mengumpulkan sebanyak mungkin pengikut yang tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Secara umum, lead magnet ini harus disesuaikan dengan target market Anda. Karena, database yang Anda kumpulkan haruslah sesuai dengan pangsa pasar produk Anda.
Jika tidak, maka sia-sia saja Anda mendapatkan banyak database pelanggan, namun mereka bukan target market yang tepat untuk produk Anda. Untuk itu, membuat lead magnet yang sesuai target market adalah suatu keharusan.
Salah satu cara membuat lead magnet adalah dengan memberikan wadah bagi orang-orang dengan ketertarikan yang sama. Jika berbicara bisnis travel umroh, maka target market yang menjadi sasaran lead magnet Anda adalah orang-orang yang ingin berangkat umroh.
Mereka memiliki minat yang sama di bidang ibadah umroh, maka Anda bisa memanfaatkan minat tersebut untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.
Baca Juga : Mengoptimalkan Konversi Penjualan Paket Umroh via Website
Keuntungan Menggunakan Lead Magnet
Lead magnet merupakan cara pemasaran/marketing yang efisien, sebab Anda akan memiliki sebuah kolam yang ikan-ikannya siap dipancing. Berbeda dengan pemasaran konvensional, ibaratnya Anda sedang memancing di laut lepas, dimana ikan-ikan di laut memang sangat banyak, namun mereka sulit dipancing hanya dengan kail.
Saat mengumpulkan database pelanggan, Anda seperti sedang menjaring ikan, kemudian hasil tangkapan ikan tersebut Anda letakkan di kolam, dan Anda bisa memancingnya dengan mudah dengan kail (email marketing).
Hal ini tentunya membuat bisnis Anda semakin efisien, yaitu dengan memanfaatkan database yang sudah ada, Anda berpeluang mendapatkan closing tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang besar.
Cara Membuat Lead Magnet
Anda bisa membuat konten untuk dijadikan lead magnet. Biasanya, konten digital seperti ebook, video tutorial, e-course, menjadi bahan lead magnet yang menarik bagi pelanggan.
Untuk bisnis travel umroh, Anda bisa mencoba membuat ebook seputar umroh, video tutorial manasik umroh, dan sebagainya. Berikan secara gratis untuk menarik minat calon pelanggan. Kemudian, Anda tawarkan konten tersebut di berbagai media pemasaran Anda.
Untuk funnel-nya, Anda bisa membuat landing page atau melalui formulir Opt In pada pop up di website Anda. Jadi, calon pelanggan Anda harus memasukkan data yang Anda inginkan (bisa nama, alamat email, nomor whatsapp) sebagai timbal balik mereka mendapatkan konten gratis tersebut.
Perlu diberhatikan, konten gratis yang Anda tawarkan harus sesuai dengan minat target market Anda. Jika kontennya tidak menarik, maka mereka tidak akan mau mendownloadnya. Atau, jika kontennya menarik tapi tidak sejalan dengan minat target market Anda, Anda akan mendapatkan target market yang tidak tepat.
Jangan lupa untuk mempromosikan konten lead magnet Anda agar lebih banyak yang mendaftar dan mendownload konten Anda.
Download Ebook : Instagram Marketing, Jurus Ampuh Jualan Laris Prosuk Mahal di Instagram
Follow Up
Setelah mendapatkan database, saatnya melakukan follow up dengan menggunakan email marketing yang terjadwal. Jangan melulu menawarkan produk, namun, Anda juga bisa memberikan aneka informasi bermanfaat supaya pelanggan Anda betah menjadi subscriber Anda.
Nah, itulah cara mengumpulkan database sesuai dengan target market yang kita bidik dengan menggunakan lead magnet.
Anda bisa mengelola website bisnis travel umroh Anda dengan lebih baik menggunakan software travel umroh terbaik dari Erahajj.
Hubungi kami, dan kami akan memberikan informasi lebih lanjut bagaimana Erahajj membantu bisnis travel umroh Anda semakin maju.