fbpx

Simak Cara Menyiapkan Kesehatan Sebelum Berangkat Umroh

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cara Menyiapkan Kesehatan Sebelum Umroh – Seringkali persiapan umroh yang dilakukan oleh jamaah hanya berfokus pada hal yang berkaitan dengan benda/perlengkapan umroh atau dokumen-dokumen saja.

Padahal ada lho persiapan yang tak kalah penting dari hal itu, yakni kesehatan dari jamaah itu sendiri. Sebab, kesehatan dan kekuatan fisik sangat menentukan kesuksesan ibadah umroh.

cara menyiapkan kesehatan sebelum umroh

Jika dilihat dari rukun umroh, semuanya memutuhkan kekuatan fisik yang memadai untuk melaksanakannya dengan sempurna. Kita bisa mulai persiapan umroh jauh-jauh hari dengan menjaga kesehatan fisik kita.

Lalu, bagaimana cara menyiapkan kesehatan sebelum umroh yang baik? Simak selengkapnya di artikel yang akan Erahajj hadirkan untuk Anda berikut ini.

Baca Juga : 10 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Umroh

General Check Up

General check up ini bermanfaat untuk mengetahui secara menyeluruh kondisi kesehatan Anda. Anda mungkin merasa takut jika melakukan general check up, nanti akan ada penyakit yang awalnya tidak Anda ketahui.

Sebenarnya tidak perlu takut. Yang harus Anda kawatirkan justru jika ada penyakit yang tidak terdeteksi sebelumnya, berpotensi kambuh atau menjadi lebih parah saat Anda berada di tanah suci.

Hal ini akan berakibat kurangnya persiapan dan antisipasi, sehingga perjalanan ibadah umroh Anda akan makin terganggu. Jadi, jangan takit untuk melakukan general check up.

Rutin Berolahraga

Salah satu hal penting yang sering dilupakan orang adalah rutin berolahraga. Olahraga ringan seperti lari pagi, senam, berenang, dan lain-lain sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Terutama jika Anda punya keinginan untuk umroh. Anda bisa menjaga kesehatan badan dan organ-organ dalam Anda dengan rutin berolahraga. Ini adalah salah satu cara terbaik menyiapkan kesehatan sebelum berumroh baik usia muda maupun tua.

Baca Juga : Pentingnya Memberikan Edukasi Seputar Umroh Kepada Jamaah

Hindari Stress

Tak bisa dipungkiri, stress menjadi pemicu berbagai macam penyakit. Tekaanan akibat beban pekerjaan dapat membuat Anda stress. Oleh karena itu, cari cara agar Anda bisa lebih rileks dengan menyediakan waktu khusus untuk berekreasi.

Jangan forsir tubuh untuk melakukan pekerjaan siang malam tanpa henti. Dalam satu hari, luangkan waktu untuk bersantai minimal 30 menit untuk melakukan kegiatan yang membuat Anda rileks.

Misalnya membaca buku, mendengarkan musik, menonton video, dan aktivitas lain yang membuat Anda bisa melepaskan stress. Di akhir pekan, berjakan-jalan bersama keluarga bisa mengurangi stress sehingga Anda bisa jauh lebih sehat secara mental.

Jaga Pola Makan dan Minum Cukup Air

Jika Anda sudah punya kebiasaan berolahraga dan dapat menghindari stress, maka selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah asupan yang Anda konsumsi setiap hari. Makanlah secara teratur makanan yang mengandung gizi seimbang.

Makanan bernutrisi tidak berarti harus mahal, meskipun untuk membentuk pola hidup sehat biasanya membutuhkan ekstra biaya (misalnya mengonsumsi makanan organik).

Anda bisa mulai dengan memperbanyak buah dan sayur dalam piring makanan Anda, supaya pola makan Anda lebih terjaga.

Anda juga harus mengonsumsi air putih secara teratur dalam jumlah yang cukup. Selalu membawa air minum sendiri saat ke kantor atau bepergian menjaga Anda untuk tetap ingat pada hak tubuh Anda untuk mendapatkan asupan air.

Dengan menjaga kesehatan sebelum berumroh dengan menerapkan gaya hidup sehat yang sekarang ini sedang booming dengan mengatur pola makan Anda.

Baca Juga : 3 Kesalahan Dalam Ibadah Umroh yang Sering Diabaikan

Jaga Kebersihan Badan

Hal lainnya adalah selalu berusaha menjaga kebersihan badan. Kebersihan adalah langkah awal menuju kesehatan. Jika badan Anda bersih, penyakit-penyakit akan menjau dari Anda.

Tak hanya badan, menjaga kebersihan lingkungan juga bermandaat untuk kesehatan badan Anda.

Minum Suplemen Kesehatan

Jika perlu, Anda bisa mengonsumsi suplemen kesehatan untuk menambah vitalitas tubuh. Suplemen terbaik dari alam adalah madu asli. Anda bisa mulai mengonsumsi madu dan perasan jeruk lemon setiap pagi untuk menjaga kesehatan badan Anda.

Bisa juga Anda konsumsi suplemen yang banyak dijual di pasaran, namun Anda harus teliti kehalalan dan kandungan bahannya.

Baca Juga : Buah Tin, Keistimewaan Membuatnya Jadi Nama Surat dalam Al Qur’an

Menjaga Agar Penyakit yang Sudah Ada Tidak Bertambah Parah

Adakalanya seorang jamaah umroh sudah mengidap suatu penyakit tertentu, sehingga mau tidak mau harus memiliki persiapan lebih daripada jamaah lainnya. Jangan berkecil hati, yang perlu Anda lakukan adalah menjaga agar penyakit yang sudah ada tersebut tidak bertambah parah.

Anda bisa melakukan terapi untuk mengurangi keluhan penyakit Anda. Anda juga bisa menjalani pengobatan agar penyakit Anda sembuh/tidak bertambah parah.

Mematuhi anjuran diet khusus penyakit tertentu (biasanya disarankan dokter) juga menjadi usaha untuk membuat penyakit Anda tidak gampang kambuh.

Menyiapkan Obat-obatan Khusus Saat Berumroh

Persiapan untuk umroh sendiri adalah dengan menyiapkan obat-obatan khusus yang sekiranya dibutuhkan untuk mengantisipasi kejadian tak terduga seperti kambuhnya penyakit Anda saat berumroh.

Anda dapat membawa obat sesuai anjuran dokter. Jangan lupa untuk memastikan bahwa obat tersebut aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga : 11 Barang yang Tak Boleh Ketinggalan Saat Berumroh

Nah, itulah cara menyiapkan kesehatan sebelum umroh. Anda bisa berkonsultasi dengan travel umroh Anda bagaimana penanganan kesehatan Anda selama di tanah suci.

Bagi travel umroh yang ingin memberikan pelayanan terbaik untuk jamaah, silakan gunakan apliaksi travel umroh terbaik untuk Anda. Erahajj Indonesia berkomitmen menjadi software travel umroh terbaik dan terlengkap untuk bisnis travel umroh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Ebook Gratis Berbagai Strategi memasarkan produk Travel Anda Secara Online